Mywhitenotes's Blog

Just another WordPress.com weblog

The Meaning of a Name October 17, 2009

Filed under: Uncategorized — mywhitenotes @ 1:18 pm

Semua orang di dunia ini pasti memiliki arti namanya masing-masing. Kalau kita perhatiin, terkadang sebuah nama melambangkan karakteristik masing-masing. Sebenernya aku udah cukup tahu banget kalau ditanya tentang karakteristik diriku sendiri.

Nama aku MUTYA WIJAYANTI. Sebenernya nih nama aku ini bisa diintepretasikan dari dua sisi. Sisi yang pertama, dari segi harapan orang tua dan segi yang kedua adalah cerminan karakteristik aku. Kita bahas dari segi pertama dulu deh.

Kata orang tua aku, nama Mutya Wijayanti itu diambil dari kamus kawi (kamusnya orang jawa duluuu banget!). Aku udah pernah lihat kamusnya. Bukunya udah layu-layu dan lemah gitu saking udah lamanya. Di dalamnya berisi istilah-istilah yang biasa dijadiin nama sama orang Jawa terdahulu. Naah, nama Mutya itu asalnya dari kata Mutiara. Kenapa engga mutia aja? kenapa pake “y”? mungkin kalo “mutia” udah banyak dan pasaran banget. Makanya waktu itu orang tua aku ngasih namanya pake “y”. Aku mencoba berpikir kenapa orang tua aku milih nama itu. Jawaban yang paling pas kayaknya karena aku diharapkan dapat bersinar terus seperti mutiara yang walaupun bertahun-tahun ada di dalam kerang, pas dibuka dia masih memancarkan sinarnya dan tetap cantik untuk dilihat. Jadi, intinya aku diharapkan dapat bersinar terus dalam menjalani kehidupan. Maksud bersinar di sini bukan muka aku yang memancarkan cahaya, kayak neon dong kalau gitu. Tapi maksudnya bersinar di dalam karir, love life, atau apapun itu lah. Hehehe. Naah, kalau nama Wijayanti itu artinya “yang dihormati“. Dilihat dari artinya aja udah mencerminkan harapan mereka banget. Udah pasti aku diharapkan menjadi orang yang dihormati oleh orang-orang yang ada di sekeliling aku. Maksudnya bukan disegani atau dihormati kayak ratu gitu, engga laah. Mungkin lebih kayak orang lain tuh engga menganggap remeh aku. Hehehe.

Sekarang kita lihat dari sisi yang kedua, yang mencerminkan karakteristik aku. MUTYA WIJAYANTI itu bisa jadi singkatan dari beberapa kata-kata.

MUTYA:

M artinya MODEST. Aku ini termasuk orang yang menjaga penampilan. Menurut aku, penampilan itu penting banget karena pertama kali orang menilai kita kan mau engga mau dari penampilannya. Kayak pepatah, dari mata turun ke hati. Dari penampilan, baru ke personality. Hehehe. Jadi, menjadi seseorang yang tahu mode buat aku penting. Karena itu, aku sebisa mungkin memperhatikan perkembangan fashion supaya aku bisa tampil dengan good-looking.

U artinya UNDERSTANDING. Kata temen-temen aku, aku ini termasuk orang yang pengertian. Pengertiannya itu bisa dilihat dari sudut pengertian kalo ngeliat temen lagi susah dan mau mendengarkan keluh kesah dengan penuh perhatian. Entah kenapa, aku itu paling sabar banget dan memang selalu ingin tahu apa yang menjadi masalah temen aku. Terus, aku bisa dengan mudah ikut merasakan apa yang mereka alami dan sebisa mungkin membantu mereka untuk tetap struggle. Karena itu, mereka menyebutku orang yang paling pengertian. Hehehe

T artinya TRUSTED. Aku termasuk salah satu orang yang bisa dipercaya. Aku bener-bener memegang suatu rahasia orang yang dipercayakan kepada aku. Menurut aku, kalo ada orang yang mau membagi rahasianya dengan aku itu merupakan suatu hal yang aku hargai banget dan tandanya dia percaya sama aku. Oleh karena itu, aku engga mau menyia-nyiakan kepercayaan mereka. Jadi sebisa mungkin aku berusaha menjadi orang yang dapat dipercaya oleh orang lain, terutama teman-teman dekatku.

Y artinya YUMMY. Kenapa yummy? karena itu adalah satu kata yang selalu aku katakan setiap aku makan di cafe du chocolat. Hahaha. Aduuh, semua dessert yang ada di sana tuh enak-enak banget. Setiap kali masuk ke mulut, cokelatnya itu meleleh langsung dan efeknya kita akan langsung merasa menjadi orang yang paling bahagia di dunia. Hehehehe. 

A artinya ARTISTIC. Sebenernya, aku termasuk orang yang sangat suka dengan keindahan. Aku suka hal-hal yang berbau art, seperti bermian musik, dance, bahkan opera yang menurut kebanyakan orang membosankan. Musik merupakan suatu rangkaian nada yang menurut aku indah banget. Makanya aku termasuk orang yang menyukai semua jenis musik. Kalau bicara soal dance, udah jelas banget kalau aku jatuh cinta dengan indahnya gerakan-gerakan tariannya. Sedangkan opera, keindahan suara yang diperlihatkan bikin aku kagum dan engga pengen berhenti mendengarnya. Walaupun banyak orang yang cepat bosen nonton opera, tapi itu engga berlaku di aku.

Kalau WIJAYANTI itu sendiri bisa berupa singkatan dari serangkaian kata:

Wanita Idaman JAman sekarang YANg dinanTI-nanti!!! hahahahaha… 

 

Aku percaya kalau sebuah nama itu mengandung artinya masing-masing. Tapi arti dari sebuah nama semua itu bergantung pada orang yang mengintepretasikannya masing-masing. Mencari arti nama kita sendiri itu enak dan melatih kita jadi kreatif lohh. 

SAYA SUDAH MENCOBA. BAGAIMANA DENGAN ANDA?

 

Leave a Reply

