Mywhitenotes's Blog

Just another WordPress.com weblog

The IDEO Way October 20, 2009

Filed under: Uncategorized — mywhitenotes @ 12:54 pm

IDEO berdiri pada tahun 1991. IDEO adalah perusahaan unggulan dunia yang bergerak di bidang desain produk. Perusahaan ini bekerja dengan cara menjual ide-ide briliant kepada klien. Dalam pelaksaannya, IDEO bertindak sebagai konsultan atau pemberi saran mengenai desain-desain beberapa produk. Namun, tidak jarang klien yang tidak hanya meminta saran tentang desain produk, tetapi juga mengenai cara IDEO berinovasi. 

Pencapaian yang telah diraih oleh IDEO sangat banyak. IDEO melaksanakan lebih dari 3,000 program pengembangan produk baru. Termasuk di dalamnya membantu 500 perusahaan lama menemukan organisasinya kembali dan membantu perusahaan muda untuk berani start-up menciptakan sebuah industri baru. Berikut adalah beberapa produk yang didesain oleh IDEO dengan bekerja sama dengan perusahaan lain.

Steelcase i2i

Steelcase i2i

Peek Mobile Device

Peek Mobile Device

HCD Toolkit

HCD Toolkit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikut ini juga merupakan list dari beberapa produk yang didesain oleh IDEO. 

 

IDEO Track Record

Selected Products Designed by IDEO

Products

Client Company

Computer mouse

Apple (U.S.A.)

New notebook computer

NEC (Japan)

Water bottle for mountain bikers

Specialized Bicycle Components (U.S.A.)

Cordless office phone

Dancall (Denmark)

“Datum shelf”, an office desk

Pathways (U.S.A.)

Palm V handheld organizer

Palm (U.S.A.)

Kid’s fishing kit

Berkley Outdoor Products (U.S.A.)

Computer input device for children

Philips (the Netherlands)

Toothbrush for children

Oral-B (U.S.A.)

Neat Squeeze toothpaste tube

Crest (U.S.A.)

 

 

Sebenarnya apa yang membuat mereka terus berkembang tanpa kekurangan ide briliant dan selalu penuh dengan inovasi?

KEEPING EYES OPEN FOR INSPIRATION”

Ini adalah tag line yang dipakai oleh IDEO sebagai acuan untuk mengasah kratifitas guna memunculkan inovasi.

Adapun cara-cara yang dilakukan IDEO untuk dapat mencapai objektif dari tag line nya adalah:

1. Proses Brainstorming yang sempurna

Brainstorming adalah cara yang paling umum untuk memecahkan suatu masalah dengan mengasah kreatifitas. Salah satu alasan kenapa brainstorming berguna karena dapat membebaskan pikiran dari ide-ide yang “tetap”. IDEO menerapkan brainstorming hampir setiap hari. Walaupun IDEO termasuk perusahaan yang tidak banyak aturan, orang-orang yang bekerja di dalamnya memiliki pikiran tegas atas apa yang merupakan ilham dan bagaimana cara mengaturnya.

  • Durasi: Enam puluh menit merupakan waktu yang optimal. Tingkat energi fisik dan mental yang diperlukan untuk brainstorming sulit untuk mempertahankan lebih lama dari itu. 
  • Larangan: sesi brainstorming bukan presentasi atau peluang bagi bos untuk harus mendapat ide-ide gila. Tidak seharusnya mereka merasa seperti bekerja. Biarkan mereka bekerja sesuai dengan intuisi masing-masing.

2. Mengamati orang-orang di sekeliling

Semua desain produk yang dirancang oleh IDEO terinspirasi dari menonton orang sungguhan. “Kami tidak terlalu peduli terhadap bagaimana riset pasar yang seharusnya. Kita langsung kepada sumbernya saja, bukan mendatangi suatu ahli riset di perusahaan, tetapi langsung kepada orang-orang yang menggunakan produk atau sesuatu yang mirip dengan apa yang kita harapkan dapat diciptakan. Dengan cara seperti inilah yang dapat memicu adanya suatu inovasi. Kami mengungkap apa yang datang secara alamiah kepada orang-orang dan kami memiliki kekuatan untuk mengubah suatu aturan.”, kata Tom Kelley, salah satu orang yang bekerja di IDEO.

3. Mengembangkan empati untuk beragam kebutuhan konsumen.

IDEO menerapkan langkah ini untuk mengetahuo apa yang diinginkan konsumen. Terus mengembangkan empati, bahkan jika ada konsumen yang sangat berbeda dari yang lainnya. Hal ini bertujuan untuk dapat mengantisipasi kepentingan dan kebutuhan mereka. Menurut IDEO, merangkul orang adalah senjata yang paling ampuh untuk menyatukan perbedaan.

4. “Stay close to the action!”

Inspirasi sering datang dari melihat, mendengar, dan merasakan-berada di sana. Hal-hal seperti inilah yang merupakan sumber kuat dari terbentuknya suatu inovasi.

Itulah kiat sukses yang dipakai oleh IDEO sehingga mereka dapat terus berkarya hingga saat ini. Semoga ulasan tersebut dapat memberikan manfaat untuk kita semua sehingga kita dapat berpikir kreatif seperti halnya dengan cara IDEO berinovasi!


Advertisements
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s